Beberapa Tujuan Menggunakan Jasa Audit

Audit internal maupun external, merupakan suatu tahapan yang sama pentingnya bagi setiap perusahaan. Namun sebelum membahwas lebih jauh lagi, apakah anda faham dengan maksud audit internal maupun external tersebut? Audit internal merupakan sebuah proses mereview laporan keuangan. Yang biasa dilakukan oleh tenaga ahli dan professional.

https://auditakuntansi.com/

Sedangkan audit external merupakan suatu proses pengawasan di setiap kondisi keuangan. Dan biasa dilakukan oleh perusahaan maupun kantor berbasis pemerintah. Dan dikerjakan oleh tenaga ahli, agar bisa mendapatkan suatu penilaian yang objektif. Seperti pada umumnya, suatu perusahaan akan melakukan proses audit secara teratur.

Karena untuk memfokuskan pada proses evaluasi trend maupun modifikasi, agar dapat terkontrol dengan mudah oleh perusahaan. Sehingga sesuai dengan tujuan, dan sesuai dengan visi perusahaan. Jika membicarakan mengenai tenaga kerja audit, apa sajakah tujuan menggunakan jasa audit? Berikut informasi detailnya!

Beberapa Tujuan Menggunakan Jasa Audit

  1. “Appraisal Of Control” Atau Penilaian Pengendalian

Salah satu tujuan utama audit adalah untuk pengendalian administratif. Yang berjalan di setiap tahapan operasi suatu perusahaan atau kantoran. Dengan tujuan untuk menentukan apakah suatu pengendalian sudah benar-benar memadai. Dan apakah sudah mencapai tujuan dan sesuai dengan target suatu perusahaan.

  1. “Appraisal Of Performance” Atau Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja merupakan suatu penilaian hasil, yang perlu diawali dengan proses pengumpulan informasi-informasi kuantitif. Dan dilanjutkan dengan penilaian efektifitas, efisiensi hingga ekonomi dalam kinerja perusahaan. Penilaian ini biasanya akan menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kerja suatu perusahaan.

  1. “Assistance to Management” Atau Membantu Managemen

Dalam proses auditing perusahaan, hasil audit juga bisa diarahkan ke tahapan perbaikan. Yakni untuk kepentingan manajemen suatu perusahaan. Sebab hasil dari proses tersebut, berupa rekomendasi-rekomendasi guna untuk proses perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Dan tentunya sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen perusahaan.

Itulah beberapa tujuan menggunakan jasa audit. Yang dianggap penting oleh setiap perusahaan. Karena tenaga kerja audit yang dinilai lebih efektif untuk membantu proses auditing sistem perusahaan yang bersangkutan. Sehingga dengan tujuan tersebut, pihak yang diaudit akan mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya untuk menambah kredibilitas laporan keuangan perusahaan.

Sehingga laporan dapat dipercaya, serta sesuai dengan standard yang dibutuhkan. Selain itu proses audit juga bisa menyingkap suatu kesalahan dalam penyimpanan moneter. Sehingga dapat mengurangi resiko kekeliruan dalam catatan keuangan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *